Apa Saja Peran dan Fungsi Partisi Penyekat Ruangan Kantor?

 

Saat pertama kali membangun suatu kantor, pastinya Anda sudah secara spesifik membangun sejumlah ruangan dengan dinding-dinding yang solid sebagai pembatas antar ruangnya. Namun seiring waktu dan perkembangan kebutuhan kantor, Anda memerlukan tambahan ruang di luar perkiraan sebelumnya sehingga memerlukan penyekat antar ruang tersebut. Sebagai solusi, ada pilihan penggunaan sekat atau partisi. Lantas apa saja peran dan fungsiĀ partisi penyekat ruangan kantor?

Fungsi Penyekat Ruangan Kantor

Fungsi utama dari partisi untuk ruangan kantor tentu saja untuk memberikan spasi dan privasi yang lebih baik bagi karyawan sehingga diharapkan produktifitas mereka dapat meningkat. Namun selain itu, partisi juga menawarkan beberapa kelebihan lain, diantaranya

Membatasi Ruangan Secara Tidak Permanen

Partisi memiliki fungsi utama yang sama dengan dinding yang solid,yakni membedakan fungsi ruangan berikut aktifitas yang dilakukan di dalamnya. Bedanya, partisi bersifat tidak permanen dan dapat dirubah, diganti dan dibongkar pasang sesuai keinginan.

Sebagai Penyimpanan

Permintaan partisi yang tinggi berdampak pada perkembangan meliputi bentuk, jenis, material hingga motif yang beragam. Salah satu perkembangan yang cukup signifikan adalah menjadikannya sebagai area penyimpanan sehingga dapat difungsikan sebagai bufet, rak, meja konsol hingga lemari.

Elemen Desain Interior

Partisi juga bisa menutupi desain maupun bagian struktur dalam ruang kantor yang kurang sesuai dengan konsep. Contohnya adalah kolom sudut ruang serta area tangga yang dapat ditutup oleh partisi jenis sketsel.

Meningkatkan Efisiensi

Selain halnya beberapa fungsi di atas, partisi kantor juga dapat menjadikan ruangan lebih rapi dari kabel-kabel instalasi listrik dan telepon sebab panel partisi memiliki ruang di dalamnya yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat menyembunyikan berbagai benda seperti kabel, pipa hingga peredam. Umumnya, partisi kantor dibuat berdasar hitungan bangunan bertingkat sehingga konstruksi partisi kantor akan menerapkan sistem knockdown untuk menjangkau ketinggian plafon. Sementara material yang digunakan bisa dipilih dari bahan full fabric, half glass ataupun yang full glass.

Partisi memiliki karaketistik yang berbeda dari dinding solid sebagai pembatas, walaupun memiliki fungsi dasar yang sama. Lantaran partisi dapat dipindah serta dikonfigurasi ulang layout-nya sesuai keinginan, banyak konsumen yang lebih memilih menggunakan partisi pada bangunan kantornya daripada menggunakan dinding semen ataupun bata ringan.

Comments are closed.